Candi Borobudur

Mengenal Asal Usul Sejarah dan Kemegahannya

Candi Borobudur

Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah yang paling dikenal bahkan oleh masyarakat dunia. Bahkan popularitasnya melebihi kota Yogyakarta itu sendiri dan merupakan salah satu tempat paling menarik yang harus dikunjungi ketika sudah di Yogyakarta. Meski begitu, Candi Borobudur sendiri berada di Magelang, Jawa Tengah tepatnya di sebelah barat laut Yogyakarta. Merupakan Candi Buddha dengan bentuk stupa. Kita akan mengenal kemegahan Candi Borobudur yang dibangun dengan luas dasar 123×123 meter dan tinggi 42 meter ini!

Yang paling menarik dari Candi Borobudur, selain dari megah dan luasnya Candi ini, adalah mengenai danau purba yang masih menjadi perdebatan hingga sekarang. Ada beberapa arkeolog yang beranggapan bahwa asal mula Candi Borobudur dibangun di atas sebuah danau sehingga menyerupai teratai. Jika bicara soal Candi yang pernah ditelantarkan selama berabad-abad ini memang akan mengundang decak kagum dan sejuta pertanyaan terkait misterinya. Ada berbagai fakta menarik ketika kita mengenal kemegahan Candi Borobudur yang pada tahun 1991 ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO. Apa saja itu?

Fakta Candi Borobudur

1. Candi Borobudur dibangun pada abad ke-8 dan ke-9. Jadi bangunan megah bersejarah ini telah ada 300 tahun sebelum Angkor Wat Kamboja dan 400 tahun sebelum bangunan-bangunan katedral di Eropa. Fantastik!

2. Punya 2672 panel relief yang jika disusun berjajar maka akan mencapai panjang hingga 6 km, oleh karena itu merupakan ansambel relief Buddha yang paling lengkap di dunia dan merupakan mahakarya utuh.

3. Candi Borobudur memiliki sekitar 100 talang air yang berbentuk ikan berkepala gajah. Dulunya jika air hujan melewati talang air ini yang disebut makara maka akan terbentuk seperti pancur yang menambah keindahan candi ini.

4. Bangunan megah Borobudur terdiri dari sekitar 2 juta balok vulkanik yang saling mengunci rapat karena dipahat sedemikian rupa. Luar biasa!

Itu masih sebagian kecil dari kemegahan Candi Borobudur. Jika Anda membaca di Wikipedia, ada banyak lagi referensi dan berbagai perbincangan seputar informasi penting dan sejarah Candi Borobudur. Namun, pada kesempatan kali ini, kami senang menyajikan beberapa tips untuk menikmati dan mengenal kemegahan Candi Borobudur ketika berkunjung ke sini.

Wisata ke Candi Borobudur

Perjalanan dari kota Yogyakarta ke lokasi Candi Borobudur kurang lebih memakan waktu 2 jam, dengan harga tiket masuk sekitar Rp 25.000 untuk dewasa dan anak Rp 20.000. Setelah sampai dilokasi candi ada beberapa objek wisata yang bisa Anda nikmati diantaranya sebagai berikut.

1. Borobudur Sunrise

Menikmati matahari terbit di Borobudur akan menjadi pengalaman yang berkesan dan menjadikan hari Anda sangat indah untuk dimulai dengan segera. Anda dapat merasakan pagi di pas di tengah-tengah Candi Borobudur, atau dapat menyaksikan Candi Borobudur ditutupi kabut dari kejauhan yaitu di Bukit Punthuk Setumbu. Bukit ini berada di ketinggian 400 meter dpl dan harus melewati hutan dan ladang.

2. Borobudur Sunset

Pemandangan matahari terbenam di Candi Borobudur sangat menakjubkan, tak heran jika para Photographer nasional dan internasional sering datang kesini untuk hunting foto sunset terbaik di Borobudur.

3. Belanja Souvenir

Pada saat ingin keluar menuju tempat parkir, anda harus melewati jalan keluar yang sudah diatur sedemikian rupa dimana terdiri atas banyak toko souvenir yang menjual berbagai hasil kerajinan khas Jogja dan Jawa Tengah seperti kain batik, patung, miniatur candi, patung kepala Budha, miniatur stupa, pernak-pernik dan masih banyak barang unik lainnya yang bisa dijadikan oleh-oleh untuk sanak saudara dan kerabat.

Yang pasti akan semakin lengkap rasanya berada di Candi Borobudur jika Anda melangkah setapak demi setapak mengelilinginya. Pilihan lain adalah bersepeda sambil mengunjungi juga candi di sekitar Candi Borobudur yakni Candi Mendut dan Candi Pawon. Anda yang melakukan perjalanan wisata ke Borobudur bersama keluarga yang punya anak kecil dapat memilih alternatif mengelilingi Candi bersama Kereta Kelinci. Anak-anak pun tentu menyukainya. Dengan begitu, perjalanan mengelilinginya tidak melelahkan, bayangkan saja kalau Anda bersama dengan anak-anak harus berjalan kaki mengelilingi bangunan seluas ratusan meter tentu bisa sangat melelahkan. Selain itu disekitar lokasi candi juga terdapat beberapa kuliner khas Jawa Tengah yang bisa Anda coba. Selamat berwisata ke Borobudur dan jika Anda membutuhkan rental mobil untuk berwisata ke Borobudur, jangan sungkan untuk menghubungi kami.

Peta Lokasi Candi Borobudur
Alamat:
Borobudur, Magelang, Indonesia. Telp: (0293) 788 266

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.6/5 (16 votes cast)
Candi Borobudur, 4.6 out of 5 based on 16 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook16Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Share on StumbleUpon0Email this to someone

3 Comments

  1. Sekarang biaya tiket masuk berapa ya??

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  2. candi yang sangat indah

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
  3. Candi brobudur slh satu wisata favorit untk kita dan mancanegara, sungguh kebanggan negara kita.

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *