Blog

Yuuk mengenal Jogja lebih dekat :)

2

Candi prambanan

Candi Prambanan merupakan Candi Hindu terindah di Dunia. Fakta mengatakan bahwa itu benar dengan dijadikannya Candi Prambanan sebagai salah satu Situs Warisan Dunia UNESCO dan dinobatkan sebagai candi dengan arsitektur terindah. Candi ini dikenal juga sebagai Candi Rara Jonggrang yang berbentuk ramping dengan tinggi mencapai 47 meter, merupakan daya tarik bagi para wisatawan dari seluruh dunia yang ingin melihat betapa megahnya dan keindahan Candi Prambanan. Terletak di Desa Prambanan, 20km timur Yogyakarta, tepatnya di perbatasan antara Yogyakarta dan Jawa Tengah.

Candi Prambanan terdiri dari candi-candi berikut:

  • 3 Candi Trimurti sebagai candi utama, yang dipersembahkan untuk Siwa, Wisnu dan Brahma.
  • 3 Candi Wahana yang terdiri dari Candi Nadia, Garuda dan Angsa.
  • 2 Candi Apit yang berada di barisan-barisan Candi Trimurti dan Candi Wahana di bagian utara dan selatan.
  • 4 Candi Kelir yang berada di 4 penjuru mata angin yakni tepat di balik pintu masuk halaman dalam / zona inti.
  • 4 Candi Patok berada di 4 sudut halaman dalam / zona inti.
  • 224 Candi Perwara tersusun dalam 4 bagian / barisan konsentris berdasarkan jumlah candi dari barisan terdalam / zona inti sampai terluar, yakni 44, 52, 60, 68.

Wisata ke Candi Prambanan.

Objek Wisata Candi PrambananCandi Prambanan sendiri menjadi objek wisata favorit bagi wisatawan dalam negeri dan luar negeri, seperti yang telah disebutkan. Pesonanya menjadi daya tarik tersendiri, khususnya keindahan panorama candi di sore hari. Ya, pemandangan sore hari hingga melihat sunset di Candi Prambanan akan menghadirkan decak kagum – meski memang di setiap waktu Candi Prambanan yang telah ada sejak dari abad ke-9 masehi ini selalu menarik minat.

Untuk menikmati keindahan Candi Prambanan di sore hari, Anda dapat datang sekitar jam 4 sore dan berkeliling berjalan kaki menikmati desain arsitektur indah yang memahat candi-candi ini. Luas wilayah Candi Prambanan adalah sekitar 39,8 ha. Daerah di sekitar Candi Prambanan dikembangkan menjadi taman hijau dan terdapat berbagai toko yang menjual souvenir. Tahukah Anda bahwa seperti yang telah disebutkan Candi Prambanan tidak terletak di desa terpencil, namun Anda akan benar-benar merasa kembali ke masa lalu dengan berbagai ritual dan masyarakatnya.

Untuk masuk ke Candi Prambanan maka Anda dapat membayar tiket sebesar Rp 15.000/orang, dengan biaya tambahan jika membawa kamera. Harga tiket berbeda dengan wisatawan asing. Objek wisata sejarah ini sendiri dibuka pada jam 08:00. Anda dapat mencapai tempat ini dengan kereta api Prambanan Express dari Stasiun Maguwo yang ada di depan Bandara Adisucipto, pilihan transportasi lain bisa menaiki Bus TransJogja atau taksi.

Ketika berada di Candi Prambanan pada sore hari, jangan buru-buru untuk angkat kaki. Keindahan Candi Prambanan di sore hari akan menawarkan pemandangan sunset (matahari terbenam) di antara candi utamanya. Menakjubkan! Anda akan merasakan ketenangan Candi Prambanan ketika menatap matahari terbenam di sini. Suasana hening dan sakral yang keluar akan membuat Anda terpesona dan takjub. Jangan lupa untuk mengabadikan momen tersebut!

Sebagai pengingat ketika berkunjung pada siang hari ke Candi Prambanan, bawa topi dan payung untuk melindungi diri dari terik matahari yang menyengat. Ingat untuk mengenakan pakaian yang sopan dan tanyakan apa yang bisa dan tidak bisa dilakukan di daerah wisata ini. Mengingat Candi Prambanan merupakan daerah wisata religi yang dianggap suci oleh umat Hindu dan masyarakat setempat.

Peta Lokasi Candi Prambanan


View Larger Map

Paket Wisata ke Candi Prambanan dari Sabila Transport

Untuk info tentang paket wisata menuju Candi Prambanan bisa melihat halaman ini atau hubungi kami untuk informasi lebih lanjut.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (15 votes cast)
Candi Prambanan - Candi Hindu Terindah di Dunia, 4.8 out of 5 based on 15 ratings

2 Comments to “Candi Prambanan – Candi Hindu Terindah di Dunia”

Kirim Komentar


Chat with Us :)

Artikel Terbaru: