Mencicipi 10 Kuliner Khas Yogyakarta

Kuliner Khas Jogja

Ketika berkunjung ke suatu tempat, tentu tidak akan lengkap jika kita melewatkan diri mencicipi berbagai kuliner khas yang ada di daerah tersebut. Begitu juga dengan Yogyakarta, tentu punya makanan/kuliner khasnya yang wajib untuk dicoba! Anda yang berencana untuk mengunjungi Yogyakarta, sebaiknya menyiapkan daftar menu kuliner khas Jogja yang bisa Anda coba.

Berikut beberapa rekomendasi makanan yang harus Anda cicipi ketika berwisata kuliner di Yogyakarta!

1. Bakmi Jawa
Bakmi Jawa merupakan salah satu dari 10 kuliner khas Yogyakarta karena penampilan dan rasanya yang berbeda. Tidak hanya punya rasa yang gurih tetapi Bakmi Jawa pun dimasak menggunakan Anglo atau tungku yang berasal dari tanah liat. Anda bisa mencoba kuliner ini di beberapa tempat berikut: Bakmi Jawa Mbah Mo, Bakmi Jawa Kadin yang berada di dekat Pakualaman atau Bakmi Jawa Pak Lele dekat dengan Pagar Keraton.

2. Soto Khas Yogyakarta
Anda pasti sudah kenal dengan yang namanya soto namun Anda bisa mencoba soto khas Yogyakarta ini yang telah ada sejak tahun 1921! Soto Kadipiro yang berada di Jl. Wates bisa dijadikan daftar tujuan Anda. Penampilan soto yang segar dan bening, soto ayam tak bersantan ini nikmati untuk dicicipi pada siang hari. Harganya juga sangat terjangkau, sekitar Rp 8.000/porsinya.

3. Gudeg
Yogyakarta memang dikenal sebagai kota gudeg, apalagi ada banyak penjual gudeg di Yogyakarta. Namun, khusus yang paling unik dan terkenal adalah Gudeg Yu Djum yang berada dekat dengan MM UGM Yogyakarta. Anda yang suka wisata kuliner di malam hingga menjelang larut bisa mencoba Gudeg Pawon yang merupakan khas Yogya yang hanya buka pada jam 11 hingga jam 2 pagi. Sentra gudeg ini berada di Jl. Janturan.

4. Mangut Lele
Mangut lele merupakan olahan dari ikan lele sesuai dengan namanya. Rasa santannya gurih dan pedas, namun lelenya sendiri sebelum dimasak bersama santan tersebut akan dibakar di atas tungku terlebih dahulu.

5. Oseng-oseng Mercon
Anda yang suka dengan makanan super pedas maka segeralah mencoba Oseng-oseng Mercon yang menawarkan sensasi seperti mercon di mulut Anda! Cobalah Oseng-oseng Mercon Bu Hadi yang berlokasi di Jl. Nyi Ahmad Dahlan.

6. Sego Pecel
Anda yang ingin sarapan dengan mencicipi kuliner khas Yogyakarta maka coba Sego Pecel yang punya singkatan keren SGPC. Sego Pecel sendiri terdiri dari sayur-sayuran yang berisi bumbu kacang manis pedes. Pilih menu lauk tambahannya seperti telor ceplok, tahu tempe atau bakwan.

7. Brongkos
Salah satu warisan leluhur Yogyakarta yang masih terjaga adalah sayur Brongkos. Brongkos awalnya adalah menu favorit Raja Keraton Yogyakarta. Kuliner khas Yogyakarta ini terbuat dari tahu dan kacang tolo yang dipadukan dengan kaldu daging segar atau kuah santan yang kental.

8. Sate Klatak
Sate Klatak adalah sate khas Yogyakarta yang diracik dengan bumbu sate yang khas dan potongan daging ayamnya yang lembut. Cukup 3-5 tusuk sate akan mampu membuat Anda kenyang. Penjual sate klatek banyak ditemukan di daerah pasar Jejeran, Bantul.

9. Bebek Goreng
Bebek goreng merupakan salah satu kuliner khas Yogyakarta, Warung Makan Cak Koting yang berada di Jl. Dr. Sutomo merupakan salah satu ikon kuliner Yogyakarta yang punya menu spesial bebek goreng.

10. Jajanan Khas Yogyakarta
Ya, seperti halnya daerah-daerah lain di Nusantara, setiap daerah punya jajanan khasnya masing-masing, tidak terkecuali Yogyakarta. Salah satunya ada di Pasar Lempuyangan, yakni Bubur Jenang Mbak Mila dengan kualitas yang tinggi. Jangan lupa juga untuk mencicipi jadah yang legit dan pulen di Jadah Mbah Carik yang berada di Jl. Astomulyo.

Selamat berwisata kuliner di Yogyakarta! Jika Anda bingung dan tidak tau tempat-tempat kuliner tersebut diatas, tidak usah kuatir silahkan hubungi kami dan kami siap mengantarkan Anda 🙂

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.9/5 (11 votes cast)
Mencicipi 10 Kuliner Khas Yogyakarta, 4.9 out of 5 based on 11 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook27Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Share on StumbleUpon0Email this to someone

8 Comments

  1. Makasih atas info kulinernya, saya lagi jalan-jalan di jogja nih, tau ga dimana tempat jual bakso yang enak?

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Kalau untuk kuliner bakso, Pak Sofyan bisa mencoba “bakso granatz”, terdapat berbagai lokasi di Jogja salah-satunya terdapat di ujung jembatan sarjito pas sebelum pertigaan monjali, ada juga yang di jalan C.Simanjuntak dekat els computer. Semoga membantu 🙂

      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)
      • Makasih infonya, nanti akan saya coba deh 😀

        VA:F [1.9.22_1171]
        Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
        VA:F [1.9.22_1171]
        Rating: 0 (from 0 votes)
    • Sip..setuju mas dab, punya info tambahan tentang kuliner yang enak2 di Jogja?

      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: -1 (from 1 vote)
  2. Makanan kaki lima di malioboro juga mengugah selera

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Yupp betul mba Mery, di jalan Malioboro banyak banget berbagai kuliner yang enak-enak 🙂

      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *