Mencicipi Aneka Kuliner Sea Food di Pantai Depok Yogyakarta

kuliner pantai depokPantai Depok merupakan surga wisata kuliner sea food di Daerah Istimewa Yogyakarta dimana Anda bisa menemukan berbagai macam hasil laut yang masih segar diambil langsung dari laut! Lokasinya sekitar 30 km kearah selatan dari Kota Jogja dengan waktu tempuh kurang lebih 1 jam. Namun, tahukah Anda bahwa awalnya Pantai Depok hanyalah pantai biasa yang digunakan oleh para nelayan mencari nafkah. Tetapi, masyarakat sekitar yang gigih berkreasi bisa membuat pantai ini salah satu unggulan tempat wisata di Yogyakarta , bagaimana tidak dari sisi pengunjung bahkan bisa mengalahkan Pantai Paragtritis. Popularitas Pantai Depok dimulai dari tahun 2004 dimana pada saat itu hanya terdapat 2 warung makan di sekitaran pantai.

Tahukah Anda Pantai Depok ternyata berada berdekatan dengan Pantai Parangtritis yakni hanya sekitar 1 km sebelah barat. Hanya sekitar 15 menit untuk sampai ke sini dari Parangtritis. Makanya tidak jarang mereka yang datang ke Pantai Parangtritis pasti menyempatkan diri untuk mencicipi aneka kuliner sea food di Pantai Depok Yogyakarta.

Mencicipi Aneka Kuliner Sea Food Pantai Depok

Pengelolaannya yang begitu apik membuat Anda akan tertarik mencicipi aneka kuliner sea food di Pantai Depok Yogyakarta. Tidak heran juga Pantai Depok menjadi pusat kuliner sea food di Yogyakarta. Uniknya di sini adalah, Anda harus membeli sendiri ikan yang ingin Anda komsumsi di TPI (Tempat Pelelangan Ikan) yang berlokasi di sekitar pantai sekitar 500 meter dari bibir pantai, tepatnya di belakang mesjid Pantai Depok. Setelah membeli ikan kemudian Anda mengantarnya ke warung makan terdekat dimana ikan Anda tersebut diolah. Jadi, warung-warung makan yang ada di sekitar pantai tidak menyediakan bahan dasarnya. Kalau warung-warung menyediakan sendiri ikan mentah tentu akan membuat omset para penangkap ikan menurun. Hal ini memang sudah diterapkan sejak awal untuk menjaga keuntungan bersama.

Kuliner Pantai Depok

Harga ikan-ikan segar di Pantai Depok pun dikenal murah. Anda bisa memilih berbagai hasil tangkapan laut seperti kepiting, udang, kerang laut yang sudah dipisah dari cangkangnya, cakalang, cumi-cumi, ikan baraccuda, ikan tongkol dan ikan pari. Nah, setelah membeli hasil laut yang Anda sukai tinggal dibawa ke rumah makan yang menawarkan jasa memasak. Tips untuk mendapatkan harga lebih murah lagi adalah cari warung makan yang agak jauh dari pantai. Harga memasaknya dihitung per kilo, biasanya sekitar Rp 8.000/kilogramnya. Rasanya macam-macam bisa pedas, manis, asam, goreng tepung, rica-rica atau bakar.

Sambil menikmati kuliner maka tidak ada salahnya untuk menikmati Pantai Depok itu sendiri. Anda memang tidak disarankan untuk berenang di sini mengingat ombaknya yang ganas. Namun, ada banyak kegiatan menyenangkan yang bisa dilakukan seperti bermain menara pasir atau mengendarai APV. Tidak jarang juga Pantai Depok dijadikan tempat kegiatan paralayang karena anginnya yang sangat bagus. Sempatkan pula untuk membeli oleh-oleh dari Pantai Depok, tak lain dan tak bukan ikan laut! Namun tidak hanya itu, terdapat pula berbagai olahan laut yang bisa dijadikan oleh-oleh, antara lain peyek udang, udang goreng, bayam dan lainnya. Namun, tak lupa tentunya setelah mencicipi aneka kuliner sea food di Pantai Depok Yogyakarta adalah menikmati sunset! Pantainya ini biasanya sepi menjelang sore sehingga Anda yang suka dengan keheningan bisa berjalan-jalan di Pantai Depok ketimbang Pantai Parangtritis yang memang cenderung ramai.

Tiket masuk ke Pantai Depok Yogyakarta adalah sekitar Rp 5.000/orang, parkir motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000. Siap-siapkan budget dan waktu untuk menikmatinya mulai dari pemandangan pantai yang indah hingga aneka kuliner sea food, bukankah sesuatu yang sempurna?

Peta Lokasi Pantai Depok Yogyakarta

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (10 votes cast)
Mencicipi Aneka Kuliner Sea Food di Pantai Depok Yogyakarta, 5.0 out of 5 based on 10 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook14Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Share on StumbleUpon0Email this to someone

2 Comments

  1. Pantai depok emang surganya sea food, bisa makan ikan segar sampai puasss 😀

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 0 votes)
    • Yup betul banget, banyak banget pilihan seafoodnya dan harganya murah lagi 🙂

      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0 (from 0 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *