Menikmati Keindahan Gua Jomblang Yogyakarta

pemandangan-gua-jomblang

Selain pantai, air terjun dan gunung, terdapat satu lagi wisata alam di Jogja yang sangat sayang untuk dilewatkan yaitu menikmati keindahan wisata gua. Salah satu gua yang memiliki pemandangan alam yang sangat indah adalah Gua Jomblang yang terletak di Gunungkidul, Yogyakarta. Gua Jomblang adalah sebuah gua yang berbentuk vertical dan memiliki pemandangan alam yang sangat asri dan menawan.

Untuk dapat melihat keindahan di dalam gua kita harus melewati sebuah lorong dengan panjang sekitar 300m yang dipenuhi dengan ornamen asli yang masih terjaga . Gua Jomblang berada di perbukitan karst pesisir selatan mulai dari Gombong, Jawa Tengah hingga pegunungan Sewu yang ada di Pacitan, Jawa Timur. Menurut sejarah, gua yang masuk dalam tipe collapse doline ini terbentuk akibat dari proses geologi masuknya tanah yang terjadi pada ribuan tahun yang lalu, reruntuhan tanah tersebut yang akhirnya membentuk sumur atau dalam bahasa jawa di sebut luweng. Oleh sebab itulah ggua ini mendapat julukan Luweng Jomblang, gua ini memiliki mulut gua yang luasnya mencapai 50 meter.

Untuk dapat melihat keindahan di dalam gua, memerlukan kemampuan teknik tali tunggal, sehingga bagi para pengunjung yang ingin menaklukkan gua ini diharuskan menggunakan peralatan khusus sesuai dengan standar keselamatan dan keamanan caving gua vertikal. Selain itu pengunjung juga harus didampingi oleh petugas penyusur gua yang sudah berpengalaman dalam bidangnya. Peralatan yang biasa digunakan untuk keamanan caving di goa ini antara lain sepatu boat, coverall, headlamp, single rope technique dan tidak lupa menggunakan helm untuk melindungi kepala supaya tidak terbentur saat menyusuri jalan sepanjang gua.

Perjalanan menuju ke bibir gua Jomblang terbagi dalam beberapa lintasan dengan ketinggian yang berbeda-beda mulai dari 40 meter hingga 80 meter. Rasa lelah, dan was-was selama perjalanan akan terbayarkan setelah sampai ke dalam gua, di dalam perut gua Jomblang pengunjung akan melihat pemandangan yang hijau dan asri dari hutan purba yang tumbuh dengan suburnya. Di sini kita dapat menemukan tumbuhan lumut, paku-pakuan, tanaman semak belukar hingga pepohonan besar yang tumbuh subur dan saling berdekatan

Goa Jomblang

Bila ingin melihat keindahan sinar matahari yang memancar masuk ke gua ini, pengunjung harus berada di dalam gua ini antara pukul 10.00 sampai 13.00 WIB. Keindahan sinar matahari yang membelah kegelapan gua hanya dapat di lihat di gua ini saja, tidak dapat ditemukan ditempat atau di gua-gua lainnya. Gua Jomblang memiliki kedalaman mencapai 75 meter dan berdiameter 50 meter, selain pemandangan hutan purba yang indah di dalam gua ini juga terdapat aliran sungai yang tidak kalah kerennya.

Gua jomblang pertama kali di jelajahi sekitar tahun 1984, rombongan pecinta alam yang pertama kali menaklukkan gua ini bernama Acintyacunyata Speleological Club atau ASC yang berasal dari Yogyakarta. Saat berkunjung ke gua ini di musim penghujan, disarankan harus lebih berhati-hati karena selain jalan yang sangat licin, aliran sungai juga dialiri air yang lumayan deras.  Goa Jomblang terletak di Pedukuhan Jetis Wetan, Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, sekitar 8 km dari Wonosari dan 50 km dari pusat kota Yogyakarta. Jalan menuju gua Jomblang masih terdapat tanah liat dan berbatu, sehingga saat musim penghujan medan yang harus ditempuh akan terasa lebih berat. Pengunjung gua Jomblang dibatasi,  jumlah maksimal yang diperbolehkan untuk masuk ke dalam gua ini sebanyak 25 orang. Hal tersebut sengaja dilakukan untuk tetap dapat menjaga ekosistem yang ada di dalam gua serta supaya kondisi gua supaya tetap terjaga agar dapat menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana sangat menantang bukan? Bagi anda yang berminat berwisata ke Gua Jomblang, silahkan hubungi kami untuk kebutuhan sewa mobil dan kami siap mengantarkan anda ke lokasi wisata Goa Jomblang yang penuh dengan keindahan dan tantangan yang tak akan terlupakan.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (2 votes cast)
Menikmati Keindahan Gua Jomblang Yogyakarta, 5.0 out of 5 based on 2 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook0Tweet about this on TwitterShare on Google+2Pin on Pinterest1Share on Tumblr1Share on StumbleUpon0Email this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *