Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti

pantai-indrayanti-jogjaHamparan pasir putih, bukit karang, dan air biru yang jernih. Dengan memejamkan mata saja, kita bisa merasakan sensasi berada di sebuah pantai, bermain-main di dalam airnya yang biru, merasakan kaki kita bersentuhan dengan pasir putih, dan memanjakan mata dengan deratan bukit karang, serta menikmati sajian makanan laut yang menggoda selera. Seperti itulah rasanya menikmati keindahan pantai Indrayanti.

Pantai Indrayanti terletak di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Untuk mencapai pantai Indrayanti, bagi yang menggunakan kendaraan sendiri bisa langsung menuju arah Wonosari, beberapa ratus meter setelah melewati kota wonosari, akan dengan mudah ditemukan rambu lalu lintas yang menunjukkan arah ke kanan, dengan mengikuti rambu tersebut kita akan sampai di pantai Indrayanti. Dan bagi kita yang naik kendaraan umum dari arah kota Yogyakarta, naiklah bus ke arah Wonosari dari terminal Giwangan. Setelah sampai di terminal Wonosari, teruskan dengan naik angkutan umum ke arah Tepus, Setelah itu lanjutkan perjalanan menuju pantai Indrayanti menggunakan ojek.

Menikmati keindahan pantai Indrayanti bisa membuat kita tak ingin cepat-cepat pulang. Beberapa penginapan yang dibuat dengan konsep ‘back to nature’ ada di bawah bukit, rumah-rumah panggung yang menyerupai honai (rumah adat Papua) pun menghiasi pemandangan. Dan ada pula persewaan Jet ski yang bisa kita manfaatkan. Berjalan-jalan di air saat airnya surut sungguh sangat menyenangkan, kita bisa melihat dasar pantai dengan makhluk-makhluk laut yang mengagumkan. Namun tentunya kita harus berhati-hati untuk tidak menyakiti mereka dan juga kaki kita sendiri.

Memanjat bukit di sisi timur pantai indrayanti tidak akan membuat kita menyesal, karena sesampainya di atas bukit, pemandangan laut luas yang berbatasan dengan Samudra Hindia terhampar. Dan menengok ke arah barat, beberapa pantai yang dipisahkan oleh bukit-bukit terlihat berjajar, sungguh pemandangan yang membuat hati melonjak kegirangan. Dan saat senja menjelang, bukit ini akan menjadi spot terbaik untuk menyaksikan mentari yang kembali ke peraduannya.

Pemandangan Pantai Indrayanti

Bagi kita yang ingin menikmati keindahan pantai Indrayanti sambil duduk atau berbaring, ada banyak tersedia jasa penyewaan tikar dan payung, tentunya dengan harga yang terjangkau. Beragam menu yang membuat air liur menetes bisa kita pesan di deretan restoran dan cafe yang menghadap ke pantai. Belum lagi penginapan yang tersedia, akan menyempurnakan asyiknya menikmati keindahan pantai Indrayanti. Menikmati makan malam ditemani deburan ombak dan desiran angin di gazebo-gazebo yang ada di bibir pantai akan menjadi pengalaman romantis yang tak terlupakan, apalagi gazebo-gazebo tersebut terlihat mempesona diterangi kerlip sinar lampu.

Berbeda dengan pantai-pantai lain yang agak kotor, kita bisa menikmati keindahan pantai Indrayanti yang bersih dan bebas sampah. hal ini tak lepas dari keterlibatan pihak swasta dalam pengelolaan Pantai Indrayanti. Mereka rupanya tak segan-segan menjatuhkan denda bagi siapapun yang membuang sampah sembarangan. Dan tak ketinggalan bagi kita yang senang berfoto ria, keindahan pantai Indrayanti memang pantas diabadikan.

Ada yang unik dari sejarah nama Pantai Indrayanti ini yang konon kata “Indrayanti” bukanlah nama pantai, melainkan nama sebuah cafe dan restoran di sana. Namun karena nama Indrayanti yang terpampang di papan nama cafe dan restoran pantai, akhirnya orang-orang mengenal pantai ini dengan nama Pantai Indrayanti. Sedangkan pemerintah sendiri menamai pantai ini dengan nama Pantai Pulang Syawal. Dan kini, nama Indrayanti jauh lebih populer dan lebih sering disebut daripada Pulang Syawal.

Bagaimana, sangat menarik bukan? Bagi Anda yang tidak mau repot memikirkan bagaimana jalur kendaraan umum menuju lokasi pantai, bisa menghubungi kami Sabila Transport dan kami siap mengantar anda dan keluarga menikmati keindahan Pantai Indrayanti.

 

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 4.8/5 (15 votes cast)
Menikmati Keindahan Pantai Indrayanti, 4.8 out of 5 based on 15 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook26Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest0Share on Tumblr0Share on StumbleUpon0Email this to someone
Posted in:

2 Comments

  1. Pantai Indrayanti memang indah tapi menurut aku lebih alami pantai mpok tunggal, lebih bersih dan belum terlalu ramai

    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
    VA:F [1.9.22_1171]
    Rating: 0 (from 2 votes)
    • Yup betul banget Lidia, pantai Pok Tunggal belum terlalu terkenal sehingga keadaannya masih alami dan bersih dari sampah, semoga kedepannya pantai Pok Tunggal tetap selalu bersih dan terawat,

      Thanks dah mampir 🙂

      Salam,
      Sabila

      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: 0.0/5 (0 votes cast)
      VN:F [1.9.22_1171]
      Rating: -2 (from 2 votes)

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *