Menikmati Pantai Baron dari Puncak Mercusuar

Pantai BaronPantai Baron merupakan salah satu ikon pantai pasir putih di Jogja yang sering dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Pantai ini terletak di Desa Kemandang, Kecamatan Tanjungsari, Gunung Kidul, Yogyakarta, saat wisatawan sampai di pantai ini, akan langsung di sambut dengan pemandangan sebuah Mercusuar putih diatas bukit dan deretan perahu nelayan yang sedang parkir di pinggir pantai. Salah satu keistimewaan yang di miliki oleh pantai Baron yaitu terdapat air tawar yang berasal dari sungai bawah tanah dan bertemu dengan air laut. Pada hari biasa, air di pantai ini sangat jernih, namun pada musim hujan terkadang airnya menjadi keruh kecoklatan akibat air banjir dari sungai bawah tanah yang bercampur dengan air laut.

Ombak di pantai Baron tergolong ombak yang cukup besar sehingga anda perlu waspada apabila ingin berenang atau bermain air dipinggir pantai, disarankan untuk tidak melewati garis batas larangan yang telah ditetapkan oleh pengelola setempat. Setelah puas bermain air dan pasir di pantai ini, rasanya kurang lengkap bila kita tidak mencicipi aneka kuliner olahan laut masyarakat setempat, aneka masakan laut disini dapat anda nikmati dengan harga yang terjangkau dan ikan yang masih segar, bahkan anda dapat ikut memasak sendiri makanan pesanan anda.

Pemandangan Pantai Baron

Salah satu keindahan lainnya dari pantai ini adalah adanya dua buah bukit yang mengapit sisi kiri dan kanan pantai ini, pemandangan malam hari Pantai Baron terlihat indah dari puncak bukit ini. Bila kita berada di atas bukit sebelah kiri terdapat sebuah Mercusuar dimana kita dapat melihat keindahan pantai yang luas membentang, melihat bukit di seberang dan perahu-perahu nelayan yang terlihat kecil dari kejauhan. Pemandangan panorama dari atas bukit akan terlihat lebih indah di kala menjelang senja, warna lagit yang mulai berubah menjadi merah kekuningan ditambah lagi dengan keindahan matahari yang secara perlahan mulai turun hingga akhirnya menghilang.

Menikmati Pemandangan dari Puncak Mercusuar

Ketika wisata di pantai ini, pengunjung bisa mencoba naik keatas Mercusuar dan menikmati panorama pantai dari atas ketinggian. Sebelum sampai ke puncak Mercusuar terdapat lubang dimana anda bisa melhat pemandangan pantai dari sudut yang berbeda.

Mercusuar Pantai Baron

View Mercusuar Pantai Baron

View dari Dalam Mercusuar Pantai Baron

Fasilitas Pantai Baron

Di pantai ini sudah dilengkapi dengan fasilitas yang memadai seperti parkir yang luas, toilet, restoran, rumah ibadah, tempat memancing, camping ground, toko pakaian, penjual aneka pernak-pernik kerajinan laut, serta beberapa losmen / penginapan dengan biaya sewa yang murah.

Tiket Masuk

Tiket masuk ke Pantai Baron cukup terjangkau yaitu Rp 6.000,00  untuk satu orang sedangkan untuk ongkos parkir roda empat sebesar Rp 3.000 dan untuk kendaraan roda dua sebesar Rp 2.000. Naik ke atas Mercusuar ada biaya retribusi sebesar Rp 5.000, Di sekitar pantai ini juga terdapat pantai lain yang juga banyak dikunjungi para wisatawan yaitu pantai Krakal, Kukup dan Sundak.

Akses ke Lokasi

Akses menuju lokasi Pantai Baron tergolong cukup mudah, terdapat beberapa pilihan transportasi yang bisa anda gunakan misalnya menggunakan angkutan umum maupun kendaraan pribadi, kami menawarkan layanan rental mobil beserta supir yang siap mengantar anda ke pantai Baron dan berbagai tempat wisata lainnya di Yogyakarta. Bila memilih menggunakan kendaraan umum, kita dapat menggunakan busway menuju ke terminal Giwangan Jogja dengan tarif sebesar Rp 3.000 lalu dilanjutkan memilih minibus jurusan Wonosari dengan jarak tempuh sekitar 1 hingga 2 jam, setelah sampai di Wonosari perjalanan dilanjutkan dengan menggunakan minibus jurusan Pantai Baron.

Peta Lokasi Pantai Baron

Demikian ulasan kami tentang Pantai Baron, punya pengalaman tersendiri tentang pantai ini atau pantai di Yogyakarta lainnya? Atau ada hal yang ingin ditanyakan sebelum kesana? Yuuk berbagi di kolom komentar dibawah ini.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (1 vote cast)
Menikmati Pantai Baron dari Puncak Mercusuar, 5.0 out of 5 based on 1 rating
Bagikan ke TemanShare on Facebook8Tweet about this on TwitterShare on Google+1Pin on Pinterest1Share on Tumblr1Share on StumbleUpon0Email this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *