Menjelajahi 5 Gua Purba di Gunungkidul, Yogyakarta

gua purba gunungkidul jogjaGua Purba di Jogja – Gunungkidul merupakan kabupaten di Yogyakarta yang terkenal dengan kontur permukaan tanahnya yang kering dan banyak bebatuan. Meskipun permukaan tanah kawasan Gunungkidul tandus dan gersang namun dunia bawah tanahnya menyimpan pesona tersembunyi seperti adanya beberapa sungai bawah tanah dan gua purba yang begitu penuh misteri.

Berberapa waktu yang lalu tim Sewa Mobil Jogja bersama wisatawan lokal mengunjungi goa-goa purba yang ada di Gunungkidul untuk mengenal lebih dekat tentang sejarah, karakter dan keindahannya. Beberapa objek wisata gua purba di Gunungkidul Yogyakarta yang sangat menarik untuk di kunjungi antara lain adalah Gua Seropan, Goa Braholo, Gua Bentar, Gua Blendrong dan Gua Semurup.

Gua Braholo

Gua Braholo berada di Kecamatan Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul. Gua Braholo adalah salah satu gua yang menyimpan sedikitnya 10 kerangka fosil manusia purba dalam kondisi yang hampir masih utuh, selain ditemukannya beberapa fosil, di gua ini juga memiliki keindahan yang sangat mempesona, hal tersebut dapat di lihat banyaknya ornamen khas gua seperti stalagmite, stalagtit gourden dan juga pilar. Menurut catatan sejarah tim yang pernah melakukan ekskavasi ke gua ini adalah tim dari Pusat Penelitian Arkeologi Nasional dan Tim Fakultas Ilmu Budaya Jurusan Arkeologi dari Universitas Gajah Mada.

Dari ekskavasi yang dilakukan, fosil manusia purba yang telah ditemukan di gua ini diperkirakan sudah berusia sekitar 10.000 SM. Penelitian tersebut berdasarkan perkakas yang ditemukan di sekitar fosil, selain itu penelitian ini juga membuktikan bila penyebaran manusia purba ini adalah migrasi yang berasal dari Afrika menuju ke Nusantara yang terjadi antara 100.000 hingga 160.000 SM. Fosil yang diperkirakan berasal dari Ras Austromelanesia ini memauki kawasan nusantara saat masih menjadi satu daratan dengan Asia, selanjutnya mereka melanjutkan perjalanan menuju ke arah timur.

Gua Bentar

Gua Bentar terletak di Dusun Bentar, Desa Kenteng, Kecamatan Ponjong. Gua Bentar memiliki bentuk mirip seperti mulut naga yang terbuka dengan sangat lebar, goa ini dahulu digunakan manusia purba sebagai tempat tinggal, karena para arkeolog telah menemukan dan mengambil fosil atau kerangka manusia dengan tubuh yang hampir masih lengkap dari dalam gua ini. Menurut catatan Balai Pelestarian Peninggalan Purbakala DIY, di goa ini telah ditemukan fosil tengkorak dan tulang manusia purba jenis Homo Sapiens sekitar 8 orang yang terdiri atas 5 dewasa, 2 anak-anak dan 1 bayi, selain itu di gua ini juga ditemukan batu giling, beliung persegi serta mata panah.

Gua Blendrong

Gua Blendrong terletak di Dusun Kanigoro, Desa Tambakromo, Kecamatan Ponjong. Di gua ini telah ditemukan tulang yang diperkirakan milik dari manusia purba, selain itu di goa ini juga telah ditemukan berbagai peralatan yang terbuat dari batu seperti tanduk dan serut. Tetapi sangat disayangkan karena gua prasejarah ini terancam rusak karena penduduk sekitar yang melakukan penambangan fosfat di dalam gua.

Gua Seropan

Gua Seropan terletak di Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, di dalam gua ini telah ditemukan bekas keberadaan manusia purba, hal tersebut dibuktikan dengan adanya cetakan tulang manusia purba yang ada di dinding-dinding lorong gua yang lama, sedangkan dilorong baru sekitar kedalaman 60 meter juga telah ditemukan beberapa potongan tulang kaki, tulang rusuk serta beberapa buah gigi yang diperkirakan milik manusia purba.

Gua Semurup

Gua Semurup terletak di dusun Dusun Gondangrejo, Desa Gari, Gunungkidul. Nama Gua Semurup sendiri sebetulnya sudah lama dikenal oleh masyarakat sekitar, namun tidak diketahui lokasi pasti goa tersebut hingga keberadaanya baru ditemukan pada tahun 2012 lalu.  Goa ini terletak di ujung sebuah sungai dimana air jatuh melewati mulut gua, akses masuk mulut sangat sempit terutama pada musim hujan, bagi anda yang tidak memiliki kemampuan profesional tentang ilmu susur gua maka memasuki gua ini tidak kami sarankan karena kondisi dan peta ruang dalam goa yang belum diketahui dengan pasti.

Demikianlah beberapa informasi tentang beberapa gua purba yang terdapat di kawasan Gunungkidul, Yogyakarta. Bagi anda yang ingin berkunjung ke tempat-tempat tersebut kami menyediakan jasa sewa mobil yang siap mengantarkan anda menjelajahi goa2 purba tersebut dan berbagai keunikan wisata lainnya di Yogyakarta.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (3 votes cast)
Menjelajahi 5 Gua Purba di Gunungkidul, Yogyakarta, 5.0 out of 5 based on 3 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook6Tweet about this on TwitterShare on Google+0Pin on Pinterest1Share on Tumblr0Share on StumbleUpon0Email this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *