Goa Pindul – Tempat Paling Asik Wisata Bareng Sahabat

goa pindul jogjaGoa Pindul merupakan objek wisata di Jogja yang semakin digemari oleh para wisatawan khususnya mereka yang suka kegiatan alam bebas penuh tantangan. Gua yang terletak di Gunungkidul ini menawarkan pemandangan dan pengalaman yang akan berkesan kepada setiap orang yang telah menjelajahinya. Jika anda berencana liburan di Yogyakarta maka objek wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan tepat untuk berbagai momen bahagia bersama sahabat dan keluarga.

Goa Pindul memiliki panjang sekitar 350m dan lebar sekitar 5m, goa ini termasuk dalam rangkaian tujuh gua yang dialiri oleh aliran air sungai bawah tanah Bejiharjo. Ketika anda menyusuri Goa ini anda akan menemukan sebuah ruangan yang cukup lebar dimana terdapat lubang pada bagian atasnya sehingga pada siang hari sinar mentari akan masuk dari lubang tersebut dan menerangi seluruh ruangant. Lubang ini juga bisa digunakan oleh pengunjung untuk memasuki goa namun harus memiliki pengalaman tentang teknik susur gua.

Asal-usul penamaan Goa Pindul ini tidak lepas dari kisah seorang anak yang bernama Joko Singlulung yang mencari ayahnya, saat memasuki goa ini secara tidak sengaja kepalanya terbentur pada sebuah batu yang sangat besar yang ada di dalam gua, karena insiden itulah goa ini dinamai Goa Pindul.

Para pengunjung yang datang kesini pada umumnya ingin mencoba wahana utama cave tubing, yaitu kegiatan menyusuri gua dengan cara naik di atas ban dalam yang telah diisi udara. Aliran air yang ada di dalam goa ini sangatlah tenang dengan debit air yang stabil sehingga aman untuk berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang tua. Ketika musim penghujan tiba, terkadang permukaan air mengalami kenaikan dan aktifitas wisata ditutup untuk sementara hingga keadaan menjadi normal.

wisata goa pindul

“Goa Pindul adalah objek wisata alam di Gunung Kidul yang eksotik nan menawan, asik buat cave tubing, alamat lokasi mudah dijangkau dan harga tiket masuk murah” Sangat pas buat liburan bersama sahabat tercinta, pasti happy ending 🙂

Untuk melakukan cave tubing di Gua Pindul ini tidak memerlukan keahlian ataupun latihan khusus karena pengelola lokal telah menyediakan Guide yang akan memandu pengunjung untuk menjelajahi goa. Ketika memulai penyusuran, setiap anggota grup akan bergandengan tangan dan pada tiap ujung grup terdapat 1 atau 2 pemandu wisata yang menarik ban. Saat melewati bagian lorong gua maka suasana akan berubah menjadi hening, sunyi dan tentunya gelap gulita, hanya sesekali terdengar suara kelelawar yang menjadi penghuni tetap goa ini dan suara percikan air yang menetes dari atap goa. Dibeberapa permukaan perut goa kita akan melihat ornamen khas goa yaitu stalaktit dan stalagmit yang berwarna putih hampir mirip seperti Kristal.

ceria dalam gelap gua pindul

@Photo Credit: Minanty Ayu

Ketika memasuki pertengahan goa, kita akan melihat sebuah ruangan yang lumayan luas sehingga terlihat mirip seperti kolam renang yang luas, selain itu di bagian ini juga terdapat lubang yang lumayan lebar pada bagian atas sehingga sinar matahari dapat menembus dan menerangi ruangan ini. Biasanya ruangan ini sering digunakan sebagai jalan masuk bagi tim SAR maupun komunitas pecinta alam yang sedang melakukan pelatihan, saat keluar dari goa ini kita akan melihat keindahan pemandangan dari Bendungan Banyumoto yang telah di buat sejak jaman penjajahan Belanda dulu.

Oh iya sekedar saran nih, untuk menjaga kelestarian tempat ini sebaiknya pengunjung jangan meninggalkan atau mengambil sesuatu apapun (kecuali gambar) selama berada dalam gua ini, misalnya membuang sampah plastik bekas makanan/minuman atau memotong ujung stalaktit yang berada di dalam gua. Hal tersebut tentunya akan sangat merugikan kelestarian Gua Pindul yang menjadi tanggung jawab kita bersama 😉

Video Liputan by NET

Fasilitas dan Harga Tiket 

Harga tiket masuk Goa Pindul pada awalnya gratis, namun per Desember 2014 pemda Gunungkidul memberlakukan biaya retribusi sebesar Rp 10.000 per orang. Biaya paket wisata gua pindul saat ini berkisar Rp 35.000 hingga 80.000 per orang sudah termasuk guide, perlengkapan cave tubing (ban karet, life vest atau jaket pelampung, headlamp, sepatu karet) dan asuransi. Untuk biaya hemat, pengunjung bisa membeli tiket paket untuk beberapa objek wisata misalnya paket Goa Pindul, Sungai Oyo dan Goa Glatik.

Di area wisata pindul juga sudah dilengkapi dengan beberapa fasilitas penunjang seperti homestay/penginapan yang terbuat dari dinding bambu khas rumah pedesaan, MCK umum, tempat parkir, warung makan serta area pemancingan. Selain Goa Pindul, objek wisata terdekat yang ditawarkan panitia setempat adalah river tubing sungai Oyo, menjelajah Goa Glatik, Goa Sriti, Goa Emas dan Off Road Bejiharjo.

Sewa Mobil ke Goa Pindul

Untuk memudahkan pengunjung menuju lokasi objek wisata, kami menyediakan layanan sewa mobil dengan berbagai pilihan kendaraan sesuai kebutuhan, menyediakan mobil Xenia, Luxio, Avanza, Hiace Commuter, ELF dan masih banyak tipe lainnya. Reservasi sewa mobil ke Goa Pindul silahkan buka halaman ini

Peta Lokasi Goa Pindul

Alamat: Desa Bejiharjo, Karangmojo, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.

VN:F [1.9.22_1171]
Rating: 5.0/5 (2 votes cast)
Goa Pindul - Tempat Paling Asik Wisata Bareng Sahabat, 5.0 out of 5 based on 2 ratings
Bagikan ke TemanShare on Facebook13Tweet about this on TwitterShare on Google+2Pin on Pinterest1Share on Tumblr1Share on StumbleUpon0Email this to someone

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *