Tempat Wisata Belanja Menarik di Yogyakarta

Wisata Belanja Yogyakarta

Bicara soal wisata, apapun jenis wisata itu, tentu tidak lengkap jika tidak wisata belanja. Bagi Anda yang akan berkunjung ke Yogyakarta jangan lupa untuk menyempatkan diri berbelanja berbagai item dan souvenir unik khas kota Jogja yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan di tempat lain. Nah, berikut rekomendasi beberapa tempat wisata belanja menarik di Yogykarta yang wajib Anda kunjungi pada saat berada di sana:

1. Malioboro
Siapa tidak kenal dengan Malioboro? Ketika seseorang menyebutkan Yogykarta maka pikiran kebanyakan orang pasti adalah Maliboro. Hal ini tidak heran karena Malioboro memang telah menjadi ikon Yogykarta. Berada satu jalur dengan Keraton Jogja dan Stasiun Kereta Api Tugu Yogyakarta. Anda yang ingin berbelanja berbagai barang-barang unik dan cinderamata untuk koleksi pribadi atau dijadikan oleh-oleh maka wajib datang ke sini. Belum lagi, tidak jarang ada barang antik yang akan Anda temui dijajakan oleh pedagang kaki lima di Maliboro atau di Mirota Batik yang merupakan salah satu pusat souvenir terlengkap di Jogja

2. Kasongan
Kasongan sendiri merupakan nama sebuah desa yang ada di Kabupaten Bantul, terkenal sebagai desa pengrajin gerabah dan keramik. Tidak hanya dapat membeli berbagai kreasi keramik, Anda pun dapat melihat langsung proses pembuatannya sambil menikmati keindahan Desa Kasongan. Wisata belanja Anda akan benar-benar terasa lengkap! Untuk sampai ke desa ini pun tidak perlu waktu lama, yakni hanya sekitar 15-20 menit dari pusat Kota Jogja.

3. Pasar Beringharjo
Merupakan pasar tradisional yang paling lengkap yang ada di Yogyakarta, Anda pun pasti tidak akan melewatkannya! Mengapa? Pasar tradional ini terletak di kawasan Malioboro. Anda bisa berbelanja berbagai produk tekstil seperti batik, kain dan pakaian khas Jogja dengan harga murah dan bisa tawar-menawar. Jika ingin berbelanja souvenir unik dengan harga murah Anda bisa ke lantai 2.

4. Pasar Seni Gabusan
Terdapat di Kabupaten Bantul, merupakan pusat seni Yogyakarta. Anda yang ingin mendapatkan berbagai benda dan kerajinan seni Yogyakarta maka wajib datang ke sini. Bahkan Anda yang mungkin tidak sempat lagi berbelanja keramik ke Kasongan, maka Anda dapat mencarinya di sini. Perbedaannya ya memang jika Anda wisata belanja ke Kasongan, Anda akan mendapatkan wisata desa asri khas Yogyakarta yang menjadi satu paket. Sebagai informasi, tahukah Anda bahwa Pasar Seni Gabusan telah menampung sekitar 444 pengrajin?

5. Kampung Batik Ngasem
Anda yang ingin membawa oleh-oleh atau cinderamata Batik dari Yogyakarta maka harus mendatangi sentra penjualan Batik di Kota Jogja ini, sehingga menjadi ikon Batik Yogyakarta. Tersedia berbagai motif yang lengkap dan harganya tergolong murah dibandingkan dengan pusat perbelanjaan lainnya. Bahkan Anda bisa melakukan tawar-menawar. Selain itu, ada pabrik batik tulis. Lokasinya berada di sebelah barat Keraton Jogja.

6. Pasar Sentul
Pasar Sentul merupakan pasar tradisional Yogyakarta yang tidak hanya dijadikan wisata belanja, tetapi juga menyediakan kebutuhan pokok. Oleh karena itu, pasar ini sendiri tidak asing bagi masyarakat Jogja karena menjadi bagian hidup mereka. Yang istimewa adalah pasar ini terkenal sebagai sentra kulakan jagung. Lokasinya ada di Jalan Sultan Agung, Pakualaman, Kota Yogyakarta. Tempat ini masih kental dengan budaya dan keramahtamahan orang-orang Yogyakarta.

Demikianlah beberapa daftar tempat wisata belanja menarik di Jogja yang bisa menjadi panduan bagi Anda yang akan segera berwisata ke Kota Yogyakarta. Selamat mencoba! 🙂

11 Comments

            Tinggalkan Balasan

            Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *